You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Kesehatan DKI Optimalkan Program STBM
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas Kesehatan DKI Optimalkan Program STBM

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus mengoptimalkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk mendukung perilaku hidup bersih dan sehat.

Tiap puskesmas kelurahan memiliki satu petugas sanitarian

Program STBM memiliki lima pilar yakni, Setop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pangan Aman Sehat Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga, dan Pengaman Limbah Cair Rumah Tangga.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Kesehatan Olahraga Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dicky Alsadik mengatakan, saat ini Dinas Kesehatan sudah membuat surat edaran agar sanitarian di setiap puskesmas kelurahan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya menjalankan program kesehatan lingkungan di wilayahnya masing-masing.

MCK Biopal di Kelurahan Kelapa Gading Timur Bakal Diresmikan

"Tiap puskesmas kelurahan memiliki satu petugas sanitarian. Mereka sifatnya mobile jadi nanti sanitarian ini bertugas melakukan pemberdayaan masyarakat," ujarnya, Selasa (22/1).

Dicky menjelaskan, tenaga sanitarian yang telah dilatih program STBM akan turun ke lapangan melakukan kegiatan pengamatan, pengawasan, dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka perbaikan kualitas kesehatan lingkungan.

"Kita terus gencarkan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, khususnya sanitasi," terangnya.

Menurutnya, dalam melakukan sosialisasi kepada warga, sanitarian dapat membentuk tim STBM yang melibatkan unsur masyarakat seperti pengurus RT/RW dan tokoh masyarakat maupun menjalin kerja sama kemitraan dengan organisasi non pemerintah atau NGO.

"Kita ingin bersama-sama warga mencari solusi agar permasalahan sanitasi atau kesehatan lingkungan dapat teratasi. Nantinya, pihak sudin kesehatan di masing-masing wilayah akan melakukan pembinaan, pengawasan, pengendalian terkait STBM lebih intensif," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1435 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1271 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1239 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1114 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye855 personFolmer